Tips Bagi Orang Tua dalam Menghadapi Generasi Masa Kini!

Kemajuan teknologi yang meningkat pesat di Indonesia tak hanya berdampak pada sektor industri saja. Sektor lain yang secara tidak langsung ikut terkena imbasnya adalah pendidikan. Tanpa kita sadari sebagian besar pendidikan di Indonesia ikut mengalami pendengradasian akibat kemajuan ini.

Beberapa orang tua pun terkadang memilih acuh dalam menghadapi era digital di depan mata. Hal ini mengakibatkan turunnya nilai-nilai yang harusnya dimiliki oleh seorang anak untuk menghadapi masa depan agar tidak ikut terbawa arus globalisasi.

Oleh sebab itu, sejak dini orang tua dituntut untuk menanamkan beberapa nilai ataupun dasar-dasar bagi si kecil dalam menghadapi berbagai macam situasi dan keadaan yang terus mengalami peningkatan teknologi tetapi, menurunkan nilai sosial. Berikut terdapat beberapa tips bagi para orang tua dalam menghadapi era globalisasi di depan mata.

  • Beri Ruang Agar Anak Bereksplorasi

Seorang anak memiliki imajinasi yang tinggi terhadap segala sesuatu termasuk benda-benda. Oleh karenanya, penting bagi ruang tua untuk mengetahui bakat atau minat sang anak serta memberi ruang eksplorasi agar anak dapat dengan bebas mengekspresikan bakat dan minatnya.

Sehingga apabila sedari dini anak terbiasa mengasah kemampuannya, maka ketika dewasa nanti anak dapat hidup sesuai dengan yang dia inginkan dan sesuai bakat minatnya.

  • Bangun Kedekatan Dengan Orang Tua

Kedekatan atau hubungan harmonis antara anak dan orang tua adalah faktor utama dalam pertumbuhan maupun perkembangan sang anak. Baik secara fisik maupun psikis.

Apabila sedari kecil anak anda terbiasa bercerita apapun kepada orang tua tentu akan menciptakan hubungan yang terbuka antara sang anak dan orang tua. Sehingga orang tua tak perlu khawatir terhadap lingkungan sang anak karena kepercayaan yang dibentuk orang tua kepada si kecil akan membantunya dalam menghadapi permasalahan sosial ataupun dengan dirinya sendiri.

  • Ajarkan kedisiplinan

Selanjutnya, dalam mengembangkan karakter sang anak, perlunya orang tua dalam menanamkan kedisiplinan sedari dini. Sikap disiplin yang diajarkan dapat membantu buah hati dalam memanajemen setiap peristiwa atau kegiatan yang akan ia hadapi.

Dengan kedisiplinan juga sang anak dapat dengan baik menghargai waktu, mengargai orang lain, dan juga menghargai dirinya sendiri.

  • Ramah dan Cerdas Dalam Menghadapi Situasi

Lingkungan sosial pun turut berperan dalam membentuk kepribadian seorang anak. Lingkungan yang keras akan membuat anak menjadi pribadi yang kasar, keras kepala, atau bahkan membangkang. Sedangkan lingkungan yang harmonis, justru sebaliknya. Akan membentuk pribadi yang terbuka, bertanggung jawab, dan menghargai sesama.

Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk mengajarkan kepada sang anak sopan santun, ramah-tamah terhadap lingkungan sosial. Selain itu, pentingnya manajemen dalam menghadapi segala situasi atau persoalan yang terjadi.

  • Problem Solving

Era kini menuntut setiap dari kita agar mampu menghadapi masalah atau keadaan dengan baik, seburuknya suatu keadaan tersebut. Hal ini membuat para orang tua untuk mengajarkan kepada sang anak pentingnya pemecahan masalah.

Pembelajaran ini dapat dilakukan dengan berdiskusi atau bertukar pikiran mengenai suatu peristiwa atau suatu keputusan agar sang anak juga ikut menyumbangkan pikiran dalam mengambil suatu keputusan.

            Di atas adalah beberapa nilai atau tips bagi orang tua untuk mengembangkan karakter maupun kepribadian sang anak. Seperti yang kita ketahui, era digital yang menuntut adaptasi bagi masyarakatnya secara tidak langsung juga menuntut pandangan ataupun sikap orang tua agar tetap mendidik anak sesuai dengan perkembangan zaman.