Panduan Cara pasang Car seat Bayi di mobil

Cara pasang car seat di mobil. Bagi keluarga yang memiliki bayi atau anak kecil dan ingin bepergian menggunakan kendaraan roda empat tentu harus memikirkan tentang keamanan bagi buah hati mereka. Menggendong bayi selama perjalanan bukanlah hal yang tepat karena selain membahayakan bayi juga mengurangi reflek orang tua saat terjadi keadaan darurat.

Car seat merupakan kursi khusus yang di rancang untuk keamanan anak saat berkendara di mobil dan memberi kenyamanan bagi anak terlebih bisa membuat orang tua fokus dalam berkendara.Banyak sekali orang tua yang melakukan kesalahan dalam pemasangan car seat di mobil yang bisa membahayakan anak meskipun berkendara dengan kecepatan rendah.

Beragam Jenis Car seat yang tersedia di pasaran

Sebelum belajar cara pasang car seat di mobil sebaiknya pelajari dulu car seat yang akan kita beli agar cocok dengan kondisi anak. Biasanya car seat di sesuaikan dengan Usia dan berat yang terbagi menjadi 6 antara lain :

  1. Infant car seat adalah car seat yang di buat untuk baby born baru lahir sampai berat badan bayi mencapai 13 kg. Biasanya Model ini di jual di pasaran dengan cara peamasangan di kursi belakang sisi tengah
  2. Combination seat (rear forward facing seat), untuk bayi baru lahir hingga berat badan bayi mencapai 18 kg. model ini memiliki keunggulan yaitu bisa di ubah model depan belakang
  3. Forward facing seat, untuk anak dengan berat badan 9 – 18 kg. model ini khusus untuk menghadap depan bagi anak usia 2 tahun – 3 tahun
  4. High back booster with harnessuntuk anak dengan berat badan 9 kg hingga 36 kg. ini di peruntukan untuk anak usia 2 -3 tahun dengan adanya sandaran kepala di sisi atas maupun samping
  5. High back booster without harness, untuk anak dengan berat badan 15 kg hingga 36 kg yaitu di sekitar usia 3 -4 tahun namun tanpa sandaran kepala
  6. Booster/commuter seatuntuk anak dengan berat badan 15 kg hingga 36 kg untuk model ini jarang sekali di temukan di marketplace indonesia karena harga yang sangat tinggi.

Rekomendasi car seat terbaik bagi anak

Bagi yang ingin membeli Car seat Kotaklaten.com memiliki rekomendasi car seat terbaik bagi anak dari harga yang rendah hingga harga yang mahal dengan fitur yang lebih banyak.

Rekomendasi Car seat Harga murah

Car seat Elle adalah satu merk car seat terbaik yang banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau dan murah. Kelebihan car seat Elle adalah model dan desain yang sangat easy looks dan terlihat good looks untuk di pasang di jok mobil serta memiliki pengaman 5 poin serta bantalan yang nyaman bagi anak.

Car seat elle di jual di pasaran dengan harga kisaran 700.000 – 1.000.000 di marketplace dengan berbagai varian warna.

Cara pasang Car seat di mobil

Britax RömerFirst Class Plus car seat

Car seat ini merupakan Car seat dengan type premium untuk bayi anda dan memiliki kelebihan selain kenyamanan juga keamanan. Car seat ini menawarkan Klik yang tepat pada pengait seat belt mobil.

Selain itu Car seat Btirax romerfirst Car plus ini menawarkan Cover yang bisa di cuci sensidi layaknya kereta bayi. Car seat ini juga memiliki Banyak rekomendasi dari reviewer karena harga yang tidak terlalu mahal antara 2 – 3 jutaan saja.

Cara pasang Car seat di mobil

ApricaFladea Grow HiDX car seat

Car seat ini merupakan pilihan car seat paling nyaman bagi bayi baby born untuk dapat tidur nyenyak di dalam mobil saat berkendara karena dapat di atur hingga kemiringan 170 derajat. selain itu car seat premium ini memiliki fitur untuk menyesuaikan suhu car seat agar dalam kondisi tidak panas.

Car seat ini di jual di kisaran harga 5 – 6 Jutaan

Cara pemasangan Car seat Di mobil

Setelah memilih dan membeli car seat tentu kita harus tau cara memasang car seat yang benar sehingga tidak menyebabkan resiko serta bahaya bagi anak.

  1. Baca instruksi Pemasangan yang ada di BUku manual saat membeli car seat
  2. Pasang car seat di kursi belakang sisi tengah bukan depan atau samping, Mobil tidak memberikan perlindungan yang baik saat terjadi crash di bagian depan dan samping bagi anak- anak
  3. Pemasangan di kursi depan membahayakan karena terdapat airbag yang akan mengembang saat terjadi crash
  4. Tarik seat belt mobil dan masukkan di atara sela car seat dan clip di seatbelt jok
  5. Kunci seatbelt mobil dengan pengunci yang ada di car seat
  6. Test dengan menarik car seat, pastikan tidak bergerak/ posisi sudah kencang dan menetap
  7. Bayi wajib di pasangkan safety Belt yang ada di car seat. tidak boleh terlalu longgar

Untuk lengkapnya bisa lihat gambar berikut ya.

Cara pasang Car seat di mobil
Cara pasang Car seat di mobil

Mudah bukan untuk memasang car seat di mobil, selamat mencoba.