Ide Kegiatan Bersama Buah Hati Selama Pandemi!

Ide Kegiatan selama pandemi. Musim Corona yang berlangsung membawa angin baru di sektor pendidikan Indonesia. Pembelajaran Online yang dilakukan sedari jenjang TK sampai perkuliahan menjadi kebiasaan baru bagi seluruh pelajar di Indonesia. Hal ini mengundang orang tua sebagai pengganti guru selama di rumah. Tentu beberapa orang tua sempat kebingungan dalam menentukan kegiatan yang hendak dilakukan.

Alih-alih mengikuti protokol pemerintah dengan melakukan karantina atau dirumah saja, beberapa orang tua memilih cara instan dengan mengajak anak ke mall atau tempat bermain yang justru dilarang keras oleh pemerintah. Oleh karena itu, berikut terdapat beberapa ide kegiatan yang dapat dilakukan selama pandemi Corona berlangsung.

  • Berkebun di Halaman Rumah

Berkebun dapat menjadi kegiatan yang mengasyikkan apabila dikemas dalam proses kreatif. Salah satunya dapat diterapkan bagi para orang tua sebagai media pembelajaran ilmu alam untuk si kecil. Sebagaimana kita ketahui bahwa anak-anak memiliki keingintahuan yang tinggi tentu kegiatan ini akan menarik perhatian si kecil.

Kegiatan berkebun dimulai dengan pemilihan tanaman, pembelajaran menanam, sampai proses memanen yang dapat dilakukan para orang tua dengan bantuan tangan buah hati. Hal ini bermanfaat bagi sang anak dalam meningkatkan keberanian maupun menghargai ciptaan Tuhan. Jangan lupa untuk menanamkan kepada anak anda bahwa berani kotor itu baik!

  • Memasak Bersama Buah Hati

Mungkin bagi buah hati memasak adalah kegiatan yang hanya dilakukan sang ibu. Akan tetapi, bagaimana jadinya apabila sang anak mencoba kegiatan memasak yang biasanya hanya dilakukan ibu? Tentu ini merupakan hal baru bagi si kecil.

Lewat memasak anak dapat lebih mengeksplorasi kreativitas maupun mengembangkan daya imajinasi. Salah satu contoh kegiatan dalam memasak yang dapat dilakukan dengan anak adalah menghias kue. Selain itu, anak dapat membantu sang ibu dalam memasak sarapan maupun makan malam bersama. Jangan lupa untuk selalu mengapresiasi si kecil ya!

  • Bermain Musik

Musik adalah salah satu sarana belajar yang dapat membantu anak dapat mengembangkan memori maupun kecerdasan. Bagi anda orang tua yang memiliki bakat bermusik tentu dapat mengajarkannya kepada sang anak.

Anda dapat memulai dengan beberapa lagu anak-anak ataupun lagu yang umum dinyanyikan di sekolah. Selalu perhatikan tiap kemajuan dan perkembangan anak dalam bermusik, bisa jadi sang buah hati memiliki bakat yang sama dengan anda.

  • Olahraga

Siapa sangka di rumah saja tidak bisa olahraga? Walaupun berbagai tempat olahraga seperti gym maupun yoga tutup, hal ini tidak turut menutup kemungkinan bagi anda untuk tetap menjaga kesehatan. Khususnya kesehatan si kecil juga.

Olahraga yang dilakukan tidak harus sama seperti yang anda lakukan di gym. Anda dapat memodifikasi olahraga tersebut dan disesuaikan dengan tubuh si kecil. Olahraga dapat berupa badminton ataupun senam yang dilakukan di halaman rumah.

  • Membantu Ibu Membersihkan Rumah

Siapa bilang membersihkan rumah itu melelahkan? Membersihkan rumah akan menjadi kegiatan menyenangkan apabila anda mengubah sedikit kegiatannya. Apabila biasanya tugas ini dilakukan seorang ibu sendiri, kali ini si kecil dapat membantu anda.

Setiap anda membersihkan suatu barang, ceritakanlah sedikit mengenai asal-usul benda tersebut atau cerita yang pernah terjadi berkaitan dengan benda tersebut. Dijamin, si kecil pasti akan ketagihan mendengar cerita anda sembari membersihkan rumah.

  • Eksperimen Sains

Kegiatan terakhir tentu akan menarik perhatian anak-anak. Selain itu, banyak eskperimen yang dapat anda lakukukan di rumah dan mudah anda temui step by step melalui mesin pencarian anda. Bahan-bahan yang diperlukan pun tidak harus yang sulit. Contohnya seperti eksperimen mencampur air, air yang merambat, sampai membuat kabut dapat anda lakukan dengan mudah bersama si kecil.

            Kegiatan yang menyenangkan dapat anda lakukan dalam mengisi waktu luang selama #dirumahsaja. Tentu waktu ini sangat tepat bagi anda para orang tua yang biasanya sulit meluangkan waktu untuk bermain dengan si kecil. Kunci dari semua kegiatan di atas adalah proses kreaitivitas dan kebahagiaan yang dapat digapai dengan sederhana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.