12 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organization analysis).

Pengertian organisasi menurut para ahli
Pengertian organisasi menurut para ahli

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Organisasi terbentuk salah satunya dikarenakan adanya penyatuan visi dan misi serta sebuah tujuan yang sama oleh sebuah kelompok orang. Orang orang yang terdapat dalam sebuah organiasi mempunyai keterkaitan yang terus menerus, namun keterkaitan ini bukan berarti keanggotaan seumur hidup dalam oganisasi tersebut.

Selain penjelasan diatas, para ahli dan pakar memiliki pandangan yang berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu organisasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kumpulan pengertian organisasi menurut para ahli secara lengkap,

1. Pengertian Organisasi Menurut Sumahawijaya 1980

pengertian wiraswasta telah memuat sifat keberanian, keteladanan, keutamaan, serta semangat yang bersumber pada kekuatan sendiri.

2. Pengertian Organisasi Menurut Suryo 1986

menyatakan jika secara definitif pengertian wiraswastawan ialah orang yang mempunyai sifat mandiri, yang berpandangan jauh, inovatif, kreatif, tangguh dan berani menanggung resiko pada pengelolaan usaha maupun kegiatan yang memunculkan keberhasilan.

3. Pengertian Organisasi Menurut Suhadi 1985

menyatakankan jika wiraswasta mencakup sejumlah karakteristik diantaranya percaya dengan kemampuan diri sendiri, memiliki pandangan luas ke depan, memiliki keuletan mental, dan lincah dalam berusaha.

4. Pengertian Organisasi Menurut Sumahawijaya 1980

Wiraswasta memuat sifat keberanian, kebajikan, cita-cita dan semangat yang berasal dari kekuatan sendiri.

5. Pengertian Organisasi Menurut Suryo 1986

Mengatakan bahwa Wiraswasta adalah orang yang memiliki sifat independen, berpandangan jauh, kreatif, inovatif, ulet dan bersedia untuk mengambil risiko dalam manajemen bisnis dan kegiatan yang mengarah pada kesuksesan.

6. Pengertian Organisasi Menurut Daoed Yoesoef 1981

pengertian wiraswasta ialah dipimpin usaha, secara teknis maupun ekonomis dalam aspek fungsional diantaranya: sudah mengurus, kemudian mengambil tantangan ketidakpastian, usaha baru mempe-lopori, sebagai penemu (inovator) ataupun peniru (imitator); yang caranya mengejar keuntungan maksimum serta manfaat dan membawa bisnis dalam kemajuan, pengembangan, perluasan, melalui kepemimpinan ekonomi guna meningkatkan prestise, kekuasaan, kebebasan, serta kehormatan maupun kelangsungan bisnis.

7. Pengertian Organisasi Menurut Sudjoko

pengertian wiraswasta ialah mereka yang mempunyai dan masih punya nilai-nilai kemanusiaan perintis, pejuang kemerdekaan, pelopor, dan pejuang kemajuan.

8. Pengertian Organisasi Menurut Suharsono Sagir

pengertian pengusaha memiliki aset utama berupa ketekunan yang didasarkan oleh sikap optimistis, usaha kreatif serta dilakukan sebagai pendiri pertama mempunyai keberanian dalam menanggung risiko sesuai dengan perhitungan maupun perencanaan yang tepat.

9. Pengertian Organisasi Menurut Fadel Muhammad

pengertian Wiraswasta ialah orang-orang yang fokus terhadap peluang dibandingkan dengan risiko.

10. Pengertian Organisasi Menurut Djatmiko

pengertian wiraswasta ialah tindakan manusia yang dapat mengkoordinasikan sumber daya energy, alam, manusia maupun peralatannya menjadi jasa ekonomi dan benda-benda.

11. Pengertian Organisasi Menurut Soesarsono Wijandi

pengertian wiraswasta bukan teladan pada usaha partikelir (Swasta), namun sifat keberanian, cita cita, kebajikan, serta semangat yang berasal pada kekuatan sendiri, kemajuan tentara, di pemerintahan pengerjaan atau pada kegiatan apapun selain pemerintah dengan pengertian keberhasilan dasar.

12. Pengertian Organisasi Menurut Buchari Alama

pengertian wiraswasta ialah seseorang yang mempunyai pribadi yang besar, ACTION-tan Kratif, produktif dalam melaksanakan rencana tersebut dari ide sendiri, kemudian memperluas kegiatannya menggunakan orang lain serta selalu berpegang terhadap nilai-nilai disiplin maupun kejujuran yang lebih tinggi.

Banyak organisasi yang ada di Indonesia, seperti organisasi kemahasiswaan, OSIS atau BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Dari organisasi tersebut merupakan bentuk dari organisasi yang cakupannya tidak luas, karena hanya berada di lingkungan tersebut saja, namun untuk organisasi BEM dapat dikatakan bahwa itu merupakan salah satu bentuk organisasi garis serta staff, hal ini karena organisasi BEM pada umumnya terdiri dari anggota-anggota yang berasal dari fakultas-fakultas, jurusan yang berbeda serta wilayah kampus yang berbeda sehingga mempunyai cakupan wilayah yang luas. 

Dalam membangun sebuah organisasi, diperlukan visi dan misi supaya perjuangan organisasi menjadi terarah dengan jelas guna mewujudkan perkumpulan tersebut serta adanya tujuan yang selaras merupakan salah satu faktor penting untuk menuju ke sebuah organisasi. Jika salah satu dari anggota organisasi tidak sejalan dengan tujuan, serta visi dan misi organisasi maka yang terjadi ialah kegagalan dalam berorganisasi. 

Syarat terbentuknya organisasi yaitu adanya struktur organisasi. Terdapat kedudukan yang jelas dari masing-masing anggota yang terkait dalam organisasi tersebut. Syarat dalam membangun organisasi ialah pembagian kerja yang jelas bagi masing-masing anggotanya. 

Syarat-syarat dalam membangun sebuah organisasi

  • Mempunyai Visi dan misi.
  • Adanya tujuan yang jelas.
  • Terdapat struktur organisasi yang terarah.
  • Adanya pembagian kerja yang jelas bagi masing-masing anggota.
  • Waktu serta subjek dalam partisipasi hendaknya relevan.
  • Mempunyai kemampuan dalam berpartisipasi serta untuk melakukan komunikasi timbal balik.
  • Dapat melaksanakan peran yang sesuai dengan suatu persyaratan yang sebelumnya sudah ditentukan.
  • Terdapat kegiatan yang didasari kepada kebebasan dalam kelompok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.